Mengapa Begitu Banyak Ekstrovert Mengidentifikasi Dirinya sebagai Introvert?

Posted on Updated on

Banyak dari kita suka anime, kan? Dalam cerita-cerita komik atau anime sering kita lihat tokoh cerita terbungkus dalam selimut dengan kucing di pangkuannya. Pergi kepesta? Beberapa mangan menggambarkan di mana introvert menghindari pesta liburan yang meriah dan keras lebih memilih menghabiskan malam yang tenang di rumah dengan buku favorit dan secangkir kopi? Ada banyak informasi online tentang introvert. Ada banyak buku yang ditulis untuk introvert sekarang. Masalahnya adalah bahwa ada sejumlah besar ekstrovert yang mengidentifikasi lebih kuat dengan introversi atau tidak dapat memutuskan mana yang lebih akurat. Inilah alasannya:

Ekstrovert membutuhkan waktu tersendiri.

introvert-extravert

Akan tetapi,

Banyak orang ekstrovert lebih suka menonton film favorit mereka daripada menghadiri pesta.

Ada juga Ekstrovert yang senang dengan percakapan mendalam (sesuatu yang situs web tertentu anggap semata-mata untuk introversi).

Ekstrovert bisa menjadi lelah karena bersosialisasi berlebihan.

Ekstrovert bisa tenang.

Situs web tertentu menggambarkan ekstrovert sebagai seorang yang suka kebebasan, menjengkelkan, dan mencari perhatian. Sebagian besar ekstrovert tidak akan mengidentifikasi dengan penggambaran ini.

Seorang praktisi praktisi MBTI®, pemilik situs web http://www.psychologyjunkie.com. mengatakan jika sekitar setengah dari individu yang ia ajak bicara telah menganggap diri mereka sebagai introvert sebenarnya ekstrovert. Dan mereka selalu mengatakan hal yang sama seperti :

“Tapi aku suka sekali waktu sendirian!”

“Tapi aku lelah setelah bersosialisasi!”

“Saya benar-benar tidak suka obrolan ringan”

“Saya tidak suka banyak orang”

“Saya malu!”

Jadi untuk menyelesaikan masalah, mari kita bicara tentang perbedaan nyata antara introversi dan ekstroversi dan mengapa begitu banyak orang lebih cenderung memiliki kedua karakter tersebut (seperti ambievert):

Introversi:

 Kepribadian introvern, proses dominan Anda berorientasi pada dunia batin. Anda melihat ke dalam sebelum mencari keluar. Anda kurang dirangsang oleh dunia luar dan oleh keterlibatan dengan dunia luar daripada Anda oleh dunia batin Anda; pikiran, refleksi, dan gagasan yang terinternalisasi.

Carl Jung mendefinisikan introversi sebagai “peralihan-balik libido (energi psikis) dalam arti hubungan negatif subjek terhadap objek. Minat tidak bergerak menuju objek tetapi menariknya ke subjek. Setiap orang yang sikapnya introvert berpikir, merasa, dan bertindak dengan cara yang jelas menunjukkan bahwa subjek adalah faktor pendorong utama dan sedangkan objek merupakan faktor sekunder. Introversi mungkin intelektual atau emosional, seperti yang dapat dicirikan oleh sensasi atau intuisi. “

Jika Anda merasa memulai sesuatu dari dunia batin Anda; jika Anda merasa bahwa merenungkan, menarik diri sendiri, dan memisahkan diri dari objek (dunia luar) adalah tempat yang Anda sukai, maka ada kemungkinan besar Anda adalah introvert. Introversi dapat memiliki banyak bentuk: Ada sensor introvert, introvert introvert, feelers introvert, dan pemikir introvert.

Ekstroversi:

Proses dominan Anda berorientasi pada dunia luar. Anda melihat keluar terlebih dahulu, di lingkungan objektif, sebelum mencari ke dalam. Dunia luar adalah papan loncatan untuk gagasan, kemungkinan, eksperimen, dan keterlibatan.

Carl Jung mendefinisikan ekstroversi sebagai “perputaran balik libido (energi psikis) … .Extraversion adalah transfer minat dari subjek ke objek. Saat Extraversion berpikir, ia akan menganggap dirinya sebagai objek; jika ekstavertion menggunakan perasaannya, dia merasa sebagai dirinya sendiri. ”

Jika Anda pertama-tama melihat dunia luar, orang-orang, benda-benda, kegiatan-kegiatan, dan berpetualang di alam, maka ada kemungkinan besar Anda ekstrovert.

Semua orang sedikit Ambivert

Kita semua memiliki fungsi introvert dan ekstrover . Jika Anda seorang ENFP, Anda memiliki intuisi dan pemikiran ekstrovert, tetapi Anda memiliki feeling dan sensing introvert. Jika Anda seorang ISTP maka Anda memiliki pemikiran/thinking dan intuisi/intuiting introvert, tetapi Anda memiliki penginderaan/sensing dan perasaan/feeling ekstroversi.

Kita semua memiliki saat ketika kita diberi energi oleh kesendirian. Kita semua memiliki saat ketika kita diberi energi oleh orang-orang. Kita semua memiliki proses tertentu yang kita rahasiakan dan sembunyikan, dan yang lain yang kita tunjukkan dengan mudah.

Carl Jung sendiri berkata, “Tidak ada yang namanya introvert atau ekstrovert murni. Orang seperti itu akan berada di rumah sakit jiwa. ”

Di mana Anda menemukan “Arus”?

Dalam mode apa Anda benar-benar “dalam elemen Anda”? Apa proses default Anda yang memberi Anda energi dan memotivasi Anda?

Tipe Ekstrovert:

ENXPs (Ne flow) – Anda menemukan aliran melalui menghasilkan kemungkinan, teori, dan ide di dunia luar. Anda berbicara tentang mereka, menulis tentang mereka, dan menjelajahi mereka dan ingin membuat mereka menjadi kenyataan di dunia luar. Anda selalu mencari apa yang “bisa” dan ide itu terus berubah. (INPs juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan Ti atau status aliran Fi).

ESXP (Se flow) – Anda menemukan aliran melalui berinteraksi secara fisik di dunia luar. Anda ingin membuat tangan Anda kotor, bergerak, bertindak, bereksperimen, dan terlibat langsung dengan alam dan tindakan serta kegembiraan. Anda adalah oportunis, pengambil risiko, orang yang bertindak, spontan, berpikiran terbuka, dan siap untuk mengambil hidup dengan tanduk. (ISP juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan keadaan aliran Ti atau Fi).

EXTJs (Te flow) – Anda menemukan aliran melalui memutuskan, mengarahkan, dan secara logis mengatur dunia luar. Anda membuat segala sesuatu terjadi secara efisien dan Anda fokus pada sasaran dan produktivitas. Anda langsung, lugas, pekerja keras, dan bertekad. Anda suka hal-hal yang direncanakan, terorganisir, dan disiapkan.
(ITJ juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan keadaan aliran Ni atau Si).

EXFJs (aliran Fe) – Anda menemukan aliran melalui menciptakan harmoni, menghubungkan dengan orang, dan memahami mereka. Hubungan, pertemanan, dan memenuhi kebutuhan orang lain mendorong Anda. Anda termotivasi untuk meningkatkan kehidupan orang-orang dan Anda senang ketika Anda menemukan nilai dan tujuan bersama dengan orang lain. (IFJs juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan keadaan aliran Ni atau Si).

Introvert Flow States

INXJ (aliran Ni) – Anda menemukan aliran melalui penglihatan internal abstrak ke lubang kelinci dan melihat ke mana ia pergi. Anda mendapatkan “kilatan” wawasan dan makna simbolis yang mendorong Anda dan memaksa Anda untuk melihat lebih jauh di bawah permukaan. (ENJ juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan keadaan aliran Te atau Fe).

IXFPs (aliran Fi) – Anda menemukan alur melalui memeriksa nilai-nilai Anda dan hidup sesuai dengannya. Anda berhubungan dengan hati nurani Anda, dengan tujuan Anda, dengan visi tentang cara yang tepat untuk menjalani hidup Anda. Anda berusaha menjadi individualistis, otentik, dan berjuang demi cita-cita dan nilai Anda tanpa menghiraukan biayanya. (EFP juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan Ne atau Se flow states).

ISXJs (Si flow) – Anda menemukan aliran melalui refleksi dengan seksama pada rincian pengalaman masa lalu Anda. Anda memiliki kesan kuat tentang dunia konkret di sekitar Anda dan dapat langsung melihat perubahan dan pola baru. Anda ingat detail orang-orang penting, tempat, atau benda-benda dan memiliki memori yang jelas dan bernuansa. (ESJ juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan keadaan aliran Te atau Fe).

IXTPs (Ti flow) – Anda menemukan aliran melalui pembuatan cetak biru internal yang luas untuk bagaimana dunia bekerja. Anda ingin memahami secara mendalam inti kebenaran dari segala sesuatu dan Anda ingin menyaring semua informasi yang Anda miliki untuk memutuskan bagaimana itu harus diklasifikasikan, data mana yang benar dan mana yang tidak perlu. Anda suka memecahkan masalah, menganalisis, meneliti, dan mengkategorikan. (ETPs juga akan berhubungan dengan ini, tetapi tidak konsisten karena mereka akan berhubungan dengan Ne atau Se flow states).

Jadi Di Dari Mana Anda Mengawali?

Apakah Anda melihat ke luar, kepada orang, proyek, tindakan, dan ide ?? Atau apakah Anda melihat ke dalam ide-ide batin, kesan, ingatan, prinsip-prinsip logis, atau nilai-nilai subjektif? Apakah Anda lebih senang terlibat di dunia luar atau dunia batin? Anda bisa menjadi seorang ekstrovert pemalu, seorang extrovert yang pendiam, ekstrovert yang keras, ekstrovert yang berpikiran mendalam, atau ekstrovert yang suka berteman. Anda bisa menjadi introvert pemalu, introvert keras, introvert yang percaya diri, atau introvert ramah. Yang penting adalah di mana Anda pertama kali melihat; ke dunia luar atau batin.

Jadi sama seperti tidak ada tipe introvert, tidak ada tipe ekstrovert. Banyak dari kita ketika mempertimbangkan pemikiran ekstrover tentang orang yang paling terbuka, banyak bicara, “orang-orang” yang kita kenal. Ketika kita tidak cocok dengan orang itu, kita secara otomatis menganggap kita seorang introvert, padahal sebenarnya itu tidak ada hubungannya dengan itu. Saya telah bertemu dengan orang-orang ekstrovert yang sangat pendiam, bijaksana, dan mendalam. Saya telah bertemu orang-orang introvert yang tenang, bijaksana, dan mendalam. Ini semua tentang di mana Anda menempatkan energi Anda terlebih dahulu dan di mana Anda memfokuskan sebagian besar perhatian Anda.

Sekian.
Sumber :
https://www.psychologyjunkie.com/2017/12/06/extrovert-introvert-ambivert/

 

Tinggalkan komentar